Nutrition Chart (2) – Efek dari Nutrisi

Tidak dapat disangkal bahwa Nutrisi memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam kesehatan ataupun dalam menyebabkan timbulnya penyakit.  Hanya saja, umumnya masyarakat hanya melihat nutrisi sebagai syarat dalam menuju kesehatan.  Dan hanya sedikit informasi yg menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi tertentu akan menyebabkan penyakit.  Contohnya, kekurangan vit C akan menyebabkan sariawan.  Atau kekurangan vit B1 akan menyebabkan penyakit pellagra.

Nutrisi yang dimaksud disini adalah asupan makanan dan minuman.  Nutrisi yg baik adalah yang FRESHORGANIC, dan NATURAL.  Dan tentu saja HALAL sebagai prasyaratnya.  Nutrisi tersebut paling tidak memenuhi kebutuhan nutrisi optimal, (Optimally Required Nutrition).

Jadi bukan Minimal Required Nutrition, tetapi Optimal.  Contohnya vitamin C, minimal dibutuhkan 60mgr/hari, tetapi yg optimal adalah antara 2,000mg sd 15,000mg per hari tergantung dari badan seseorang.

Lalu nutrisi yg buruk bagaimana?  Secara umum adalah nutrisi yg kebalikan dari nutrisi yang baik, yaitu segala makanan-minuman olahan, proses pabrikan, yang telah mengubah, mereduksi, merusak, menghilangkan vitamin/mineral/enzym/zat zat bermanfaat lainnya; Lawan Fresh adalah Stale (atau Busuk/berjamur), lawan Organic adalah Non-organik (diberi pupuk non-organik, dan pestisida kimia), lawan Natural adalah GMO atau Genetically Modified Organism, atau tumbuhan yg sudah dirubah genetiknya, dicampur dengan gen binatang. 

Bahan makanan-minuman ini, dalam proses produksinya ditambahkan toxin/racun berupa perasa, pewarna, pengawet, pewangi buatan yang berasal dari bahan2 kimia, seperti dari turunan kimia Minyak dan Gas bumi.  Bahan makanan-minuman yang bergizi/nutrisi buruk ini dapat berupa makanan minuman yg HALAL maupun yg Haram.  Contohnya MSG, halal, akan tetapi merusak jaringan otak sehingga penderita akan mengalami migrain. 

Apa dampak dari nutrisi yang baik? dan apa dampak dari nutrisi yang buruk?

Nutrisi yang baik akan menghasilkan:

1. Badan yang sehat:

  • yaitu yang memiliki Kekuatan otot, Kesigapan dalam gerak, dan Kesuburan atau Fertilitas yang tinggi, ditandai dengan memiliki Libido yg tinggi atau kuat.

Tidak salah lagi bahwa badan yg sehat adalah kenikmatan yg luarbiasa, nomer dua setelah Iman Islam. Perhatikan atsar dari Hatim Al Asham ra, “Kesehatan badan tidak terasa nikmatnya, kecuali oleh mereka yg jatuh sakit” So true!  Memang sulit mensyukuri nikmat sehat badan!

2. Memiliki Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan yg Cepat dalam menanggapi hal atau masalah

3. Memiliki tingkah laku yang baik/diinginkan seperti Pemaaf, Penyabar, Senang Menolong

Sedangkan Nutrisi yg Buruk akan menyebabkan 3 hal kebalikan dari diatas, yaitu:

1. Menimbulkan Penyakit,

  • yaitu ditandai dengan Kelesuan, Kelemahan Otot, perasaan Lelah yg terus menerus, cenderung mengantuk, Mandul atau infertil, Frigid atau tidak memiliki libido.

2. Memiliki daya tangkap yg Lemah (Lemot) terhadap suatu hal/masalah, dan berkurangnya kecerdasan intelektual.

3. Memiliki tingkah laku yang rusak, seperti Egois, Pendendam, dan Pemarah.

Umumnya masyarakat dapat memahami akibat nutrisi yg baik atau buruk pada kondisi badan (sehat atau sakit, tergantung nutrisinya). Dan sedikit yg memikirkan soal yang nomer 2 diatas, yaitu soal kecerdasan, walau biasanya pada usia Balita, ortu, terutama Ibu, sangat memperhatikan gizi anaknya agar anaknya dapat cerdas.  Akan tetapi hal ini tidak menjadi perhatian Ortu, ketika anak ini beranjak remaja atau dewasa.  Bahkan hal ini cenderung diabaikan ketika orang sudah berusia lanjut seperti diatas 30, 40 atau lebih. 

Sedangkan untuk efek nutrisi terhadap perilaku, ini yang sama sekali tidak pernah diketahui, atau sangat jarang orang tahu hal ini, bahkan surprise, ketika hal ini dikemukakan.  Jadi boleh dibilang adalah para pelaku tawuran maupun preman, dapat dipastikan gizi menerka buruk sekali.  Keburukan gizi ini mendorong perilaku antisosial dari orang tsb.  karena kekurangan Omega-3 misalnya akan mengakibatkan otak menderita, dan mengalami gangguan psikis (gampang stress). Atau kelebihan zat besi pada otak akan menyebabkan orang tersebut menjadi impulse killer. 

Demikianlah secara singkat penjelasan efek dari nutrisi atau gizi.  Sebagai penutup, saya hendak mengingatkan pembaca akan firman Allah SWT dalam Quran, surah Abasa (80):24, yaitu:

“Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”

Memperhatikan makanannya, darimana ia berasal, bagaimana bentuknya, efeknya, jumlah2nya, jenis2nya agar sesuai bagi manusia, agar manusia dapat berkembang biak dengan sempurna, dapat hidup sehat, dapat merealisasikan cita2nya, agar dapat tumbuh kembang melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya bagi keluarnya, bagi umatnya dan manusia pada umumnya.

Dan juga nasehat Rasullulah saw, yang mengatakan:

Orang mukmin yang kuat, lebih baik, dan lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah” (HR Muslim dan Ibnu Majah).

Agar bisa menjadi motivasi bagi diri kita, agar memperhatikan makanan yang bisa menyebabkan kita menjadi kuat, dan bukan menjadi lemah, lemot, lembek, letoy….

Last but not least, sehubungan dengan akhir zaman, makanan yang kita makan tidaklah cukup dengan kriteria HALAL dan THOYYIB (FRESH) saja, akan tetapi harus ditambah dengan kriteria ZAKKI artinya Murni/Bersih atau Mengembangkan.  Menurut saya, Zakki dalam hal ini adalah ORGANIC, dan NATURAL (baik bibitnya, maupun pengolahannya) , dan tidak ditambah2 oleh bahan2 kimia sintetik.  Hanya dengan tambahan kriteria inilah, maka bahan makanan tersebut bisa mengembangkan badan atau tumbuh-kembang dan pada akhirnya bisa mengembangkan intelektual dan membuka mata hati kita, thd jahatnya akhir zaman ini.

Apa dalilnya?  Perhatikan surah Al Kahfi(18):19

“….dan suruhlah ia mencari makanan yg bersih…”

makanan yg bersih adalah terjemah dari “AZKAA THOA’AMAN” azka dari zaki/zaka yang artinya “bersih, suci”, atau juga berarti “mengembangkan” (lihat artikel tentang Zakat Infak Sedekah dari M Quraish Shihhab).

Surat Al Kahfi adalah surat yg sentral, atau terpenting utk dipelajari dalam akhir zaman ini.  Rasullulah menyuruh kita menghafal 10 ayat pertama dari surat ini, dan membaca pada hari Jumat seluruh surat ini, untuk menghadapi Dajjal (kepalsuan).

Demikian penjelasan singkat dari efek nutrisi.

—-bersambung—

 

~ oleh zamanakhir pada 3 Oktober 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: