Nutrition Chart (1)

Penyakit pada manusia, atau sehat-sakitnya seseorang, disebabkan oleh 6 (enam) hal.  4 (empat) hal pertama dalam kontrol manusia, 2 (dua) hal yang lain karena faktor diluar manusia. 4 (empat) yang dalam kontrol manusia, adalah:

  1. Nutrisi
  2. Toxin atau Racun
  3. Kondisi Mental atau Psyconeuro-Imunology
  4. Gaya Hidup atau Life Style

Sedangkan 2 (dua) yang diluar jangkauan manusia (faktor luar), adalah:

  1. Genetik atau keturunan
  2. Epidemi dan Kecelakaan

Nutrition chart menjelaskan yang 4 (empat) hal yang dalam jangkauan manusia.  Maksudnya, sehat-tidaknya seseorang sesungguhnya dalam jangkauan manusia, kecuali dua hal eksternal.

Dengan demikian, sebenarnya, semua penyakit degeneratif (seperti Penyakit Jantung, Diabetes, Kanker) bisa dihindari dan dikontrol.  Bahkan bisa dibalikkan keadaan seseorang hanya dengan mengubah 4 hal diatas tersebut.

Sedangkan untuk penyakit jenis infeksi (virus, jamur, bakteri), dengan memperhatikan yg 4 faktor internal diatas, maka praktis badan akan tahan banting, lebih tangguh dan tidak mudah sakit atau tertular penyakit.  Selain itu, virus, jamur dan bakteri mudah bisa dikalahkan dengan nutrisi, dibantu dengan vitamin dan jamu2an (herbal).  Mengapa?  karena virus jamur dan bakteri tidak akan sanggup hidup pada environment badan yang sehat, seperti pH (keasaman) normal (sekitar 7.5), ataupun kondisi pencernaan (probiotik) yang optimal dalam usus. 

Contohnya adalah gula.  Gula otomatis akan menurunkan pH tubuh, dan adalah makanan utama virus bakteri, dan jamur.  Jika gula distop dan dikembalikan pH tubuh, maka virus bakteri jamur akan kehilangan makanan dan juga environment yg asam tersebut, otomatis jumlahnya berkurang dan dapat hilang.  

Inilah teori yang diajukan oleh Beucamp pada akhir abad 19, yang merupakan kebalikan teori Pasteur, yang menyatakan penyebab penyakit adalah virus.  Beucamp menyatakan, environment (kondisi badan) lebih penting, dan memicu perkembangan virus tsb.  Jadi, yang salah bukan virusnya, tapi kondisi badan yg sebagai environment dari virus tersebut yg terlebih dahulu menjadi jelek, sehingga dimungkinkan virus/bakteri/jamur yg tidak menguntungkan tersebut menjadi berkembang.

Kasus yg jelas adalah kolam renang.  Bagaimana kolam renang menjadi biru atau tetap biru?  Biasanya dikasih kaporit, yang memiliki pH sekitar 9 (sangat basa).  Otomatis tidak ada virus bakteri jamur yg bisa hidup. Jika air tersebut dibiarkan, dan pHnya menurun kurang dari 7, otomatis mulai berkembang biak segala jenis patogen tersebut.  Air menjadi hijau dan keruh.

Jagalah badan kita seperti halnya kolam renang tersebut, yang menjadi tempat yg asing bagi berbagai jenis patogen.

…..bersambung…. 

~ oleh zamanakhir pada 2 Oktober 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: