Taqwa: Target Puasa

Taqwa adalah target dari puasa Ramadhan (Q2183: La’allakum tattaquun – agar kalian bertaqwa). Taqwa berasal dari kata “waqaa-yaqii-wiqaayah” yg artinya: “shaanahu wa satarahu ‘anil-adzaa” (Terjaga dan terpelihara dari penyakit). Adapun yg dimaksud penyakit disini menurut jumhur ulama adalah penyakit batin yaitu Syahwat.  Jadi arti taqwa diayat ini adalah “Terpelihara dari penyakit batin / syahwat/hawa nafsu”.

Syahwat dalam bahasa Arab ialah: rasa cinta dan keinginan mengebu2 thd sesuatu. Atau bahasa sekarang disebut “Obsesi”. Syahwat merupakan gerakan dari dalam jiwa yg mendorong manusia utk melakukan dan mendapatkan keinginan. Dalam batas2 wajar dan bimbingan agama, syahwat berdampak positif, namun bila ia berada diluar itu lalu menimbulkan obsesi yg negatif.  Lihat QS12:53 “Nafsu syahwat itu selalu mendorong kpd kejahatan kecuali nafsu syahwat yg diberi Rahmat oleh Rabbnya…”

Obsesi inilah yg berbahaya bagi org yg bersangkutan maupun bagi lingkungannya. Lihat Q45:23 “Pernahkah km melihat org yg menjadikan hawa nafsunya sbg tuhannya dan اَللّه membiarkannya sesat dgn ilmuNya dan اَللّه telah mengunci pendengaran dan hatinya (dari kebenaran) dan meletakkan tutup atas penglihatannya…”

Jadi puasa/shiyaam dapat mengontrol, mengurangi dan menyelamatkan kita dari bahaya syahwat tsb. Semoga kita mencapai taqwa dengan puasa kita. Amin YRA.

~ oleh zamanakhir pada 21 Agustus 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: