Niat

Apa itu Niat? Niat menurut Imam Syafii: al-qashdu “tekad atau dorongan–utk melakukan sesuatu” atau “motivasi”; lalu beliau mengatakan: “tempatnya niat di dalam hati.” Jadi niat bukan ucapan, dan merupakan hal yg vital, menentukan baik buruknya suatu amal/perbuatan. “Dan bagi tiap2 org –mendapat balasan amal–sesuai dengan niatnya” demikian sabda Nabi saw.

Karena Niat letaknya dalam dada, maka ia tdk nampak oleh mata. Seseorang yg nampak memberi sedekah bs jadi karena hendak dipuji org atau agar dikenal sbg org baik atau ingin dipilih menjadi pemimpin.  Org yg mengajarkan ilmu bs jadi ingin dianggap hebat ilmunya atau ingin mencari pengaruh atau ingin memiliki pengikut.

Perhatikan firman اَللّه SWT : “Barangsiapa yg menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya km berikan kpd mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dgn sempurna. Dan mereka di dunia itu tdk akan dirugikan.  Itulah org2 yg TIDAK memperoleh akhirat (surga), kec neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yg telah mereka usahakan di dunia. Dan sia sialah apa yg telah mereka kerjakan” (Q Huud 15-16). Maka sebab itu lekaslah kita luruskan niat amal ibadah hanya karena اَللّه semata,  mencari ridho اَللّه semata. Dan bukan karena selain اَللّه (mencari keuntungan dunia).  Semoga اَللّه SWT memaafkan kesalahan kita selama ini.

~ oleh zamanakhir pada 21 Agustus 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: