Ilmu

Apa pentingnya ilmu? 1. Ibn Taimiyah mengatakan: “Niat itu mengikuti ilmu” artinya niat, motivasi atau tujuan yg baik hanya bs dibentuk atau dibangun oleh ilmu atau pengetahuan agama yg benar dan menyeluruh. Tentu berdasarkan Quran dan Sunnah.
2. Para ulama mengatakan “Ilmu adalah pembimbing amal”. Artinya amal ibadah yg tdk dibimbing oleh ilmu akan menjadi ngawur, kacau, merugikan.  Umar bin abd aziiz ra :”Siapa saja yg beribadah kpd اَللّه tanpa ilmu, maka kerusakan yg ia timbulkan lbh banyak drpd kemaslahatannya.”

3. Hanya dengan ilmu, seseorang bisa merasakan manfaat Quran, “Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yg nyata di dalam dada org2 yg diberi ilmu.” (Q Al Ankabut:49)
4. Jika meninggalkan ilmu yg manfaat maka tak pernah putus pahalanya. “Apabila anak Adam meninggal, maka terputus amalnya kecuali tiga, yaitu ilmu yg bermanfaat…” (HR Muslim).
Semoga اَللّه memudahkan kita dalam mencari ilmu, agar dapat meluruskan niat, membimbing amal, merasakan manfaat Quran dan mendapatkan amal yg tdk terputus.

~ oleh zamanakhir pada 21 Agustus 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: