Benchmark (Ukuran) Kesehatan

Bagi yang belum pernah melakukan general check up, alangkah baiknya segera membuat appointment dengan rumah sakit atau medical checkup center, seperti RS Pertamina Pusat (Jakarta), atau Lakespra Saryanto (Jl MT Haryono) atau lainnya. Dalam check up ini seluruh faal tubuh diperiksa, seperti check darah, urine, faeces, lalu jantung (via treadmill), mata, kuping, THT, gigi, organ dalam (hati, lympha, ginjal, dst) (via USG), paru dan dada/thorax (via rontgen), dan yang untuk wanita termasuk pap smear test. General check up ini sebaiknya dilakukan 1 tahun sekali terutama bagi yang berusia 40 tahun keatas, untuk memastikan bahwa kesehatan kita MEMBAIK bukan MEMBURUK seiring dengan bertambahnya usia kita.

Dari sekian banyak hasil yang didapat dari pengukuran (medical checkup) tersebut, 4 (empat) hal disebut dibawah ini sangat penting, terutama sebagai benchmark untuk kesehatan anda, yaitu:

1. Insulin Level/ Kadar Gula Puasa

2. Berat Badan / Lingkar Perut

3. Tekanan Darah

4. Cholesterol Level

Keempat hal di atas dapat digunakan sebagai ukuran sukses tidaknya Diet Tahap Dasar (nanti dijelaskan).

Ukuran 1. Insulin Level/ Kadar Gula Puasa

Insulin adalah hormon yang dikeluarkan oleh tubuh (pankreas) untuk meregulasi (mengurangi) jumlah gula dalam darah. Seseorang yang beratnya 75kg, memiliki darah 5 liter, jumlah gula yang normal dalam darah hanya 5 gram (atau 1 sendok teh gula), atau 100mg/dl. Jadi tubuh bekerja keras untuk menormalkan (menurunkan) kadar gula tersebut via insulin. [Sebenarnya ada juga hormon yang bekerja untuk menaikkan kadar gula, yang disebut glucagon, growth hormone, dan catecholamines; tapi ini beda topik lagi]

Jika anda makan nasi, mie atau roti, atau minum dengan gula pasir, maka tubuh akan bereaksi dengan memprodusir hormon insulin yang banyak agar mengurangi konsentrasi gula (glucose) dalam darah agar kelevel yang normal (100 mg/dl). Tingginya kadar gula yang masuk akan diimbangi oleh tubuh dengan produksi insulin yang tinggi. Tinggi insulin yang sangat cepat akan memicu perubahan gula menjadi lemak, terutama lemak pada organ dalam perut (ditandai dengan penambahan lingkar perut) dan lemak pada otot (tangan, kaki,dst). Efeknya adalah penambahan berat badan.

Selain itu insulin yang terlalu banyak juga menyebabkan hipertensi, artheroscheloris (penumpukan lemak pada capilary darah) dan menjadikan tubuh tidak sensitif lagi (rusak pankreas) yaitu menyebabkan berkurangnya produksi insulin itu sendiri dalam jangka waktu lama. Akibat kurang insulin, maka kadar gula dalam darah menjadi tidak terkontrol atau naik diatas normal.

Kadar Gula Normal bisa diukur dengan nama Kadar Gula Puasa, yaitu darah diambil setelah puasa 12 jam (satu malam), untuk test kadar gula darah.

Kadar Gula Puasa Normal adalah Dibawah 126 mg/dl (darah). Akan tetapi sebaiknya dibawah 90 mg/dl. Jika kadar gula sudah diatas 100 mg/dl, maka dalam 10 tahun atau lebih dapat terjangkit DIABETES, apabila tidak ada perubahan pada pola makan dan pola hidup.

Ukuran 2. Berat Badan / Lingkar Perut

Pengukuran kombinasi Berat Badan dan Lingkar Perut diperlukan untuk melihat seberapa besar resiko Anda terkena penyakit berat seperti Diabetes, Jantung, Hypertension. Tentu dengan Berat Badan dan Lingkar Perut ideal akan sangat mengurangi resiko tersebut.

Berat badan yang berlebih telah menjadi masalah termasuk di Indonesia ini. Kelebihan berat adalah gejala akan hal yang lebih serius, seperti telah dijelaskan sebelumnya. Kelebihan berat secara langsung menyebabkan malas bergerak (kurang oksigen dalam tubuh), nyeri tumit (beban terlalu besar), tidak lincah, ngantuk/malas berfikir (ini disebabkan kurang oksigen) dst. Betapa banyak program “diet” ditawarkan di koran, radio, tv, semuanya bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Berat Badan Ideal ditunjukkan oleh BMI (Body Mass Index)

BMI kurang dari 25 adalah Ideal/Normal

BMI dari 25 sd.29.9 adalah overweight

BMI lebih dari 30 adalah obese.

BMI= (Berat-kg) / (Tinggi-meter) pangkat 2

atau

(Berat-Kg) Ideal = 25 * (Tinggi-meter) pangkat 2

Contoh: Berat= 79 kg, Tinggi = 1.7 meter, maka BMI= 79 / 1.7 pangkat 2 = 27.3 (overweight), maka berapa target berat ideal anda? Berat = 25 * 1.7 pangkat 2 = 72.25kg, atau jika berat anda kurang dari 72.25kg maka sudah ideal (normal).

Kelebihan lemak diukur dari Lingkar Perut. Lingkar perut adalah ukuran perut diatas pusar, dibawah tulang rusuk paling bawah. Jika lingkar perut bagi lelaki lebih dari 102 cm atau 40, maka ini tidak ideal. Bagi wanita, jika lingkar perut lebih dari 88 cm atau 38.

Ukuran 3. Tekanan Darah Ideal 120/80 mmHg

Tekanan darah ideal Anda adalah 120/80 mmHg, apabila lebih tinggi (hipertensi) kemungkinan disebabkan oleh hyperinsulin, atau stres/ depresi.

Ukuran 4. Cholesterol Level

~ oleh zamanakhir pada 7 November 2007.

Satu Tanggapan to “Benchmark (Ukuran) Kesehatan”

  1. kslo berat bdn 39 tinggi 148 lingkar perut yg ideal brp?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: